Minggu, 27 Juli 2014

#BedahMentalism - Apa itu Mentalism?



Selamat datang di #BedahMentalism. #BedahMentalism adalah suatu sesi yang saya buat khusus untuk membahas mengenai trik, tips, gimmick, teori, info, berita, dan sebagainya yang berkaitan dengan Mentalism. Sesi ini akan ada di bisamagic.com dan blog saya

Pada artikel pertama ini, saya ingin membuka dengan sebuah pertanyaan sederhana “Apa itu Mentalism?”

Pertanyaan yang saya tulis di atas merupakan pertanyaan yang menggantung di pikiran saya ketika pertama kali ingin belajar mengenai sulap khususnya Mentalism sekitar 4 tahun lalu. Pertanyaan itu mungkin akan terdengar mudah bagi anda, tapi ketika anda menggalinya lebih dalam anda akan merasa kebingungan. Hal ini dikarenakan banyak praktisi mentalist yang tak mau dirinya disebut sebagai pesulap dengan alasan bahwa mentalist dan sulap merupakan seni yang bebeda. Perbedaan pandangan beberapa mentalist inilah yang membuat sebagian besar orang, termasuk saya kesulitan untuk menjawab pertanyaan “Apa itu Mentalism?”

Jika kita merujuk pada artikel yang ada di situs wikipedia, anda akan mendapatkan dua pengertian besar mengenai Mentalism. Yaitu Mentalism sebagai sebuah pertunjukan dan Mentalism sebagai sebuah ilmu psikologi. Mentalism sebagai sebuah pertunjukan ialah suatu seni pertunjukkan yang menampilkan fenomena-fenomena mental manusia seperti indra keenam, clairvoyant (melihat tembus pandang), mengontrol pikiran, membaca pikiran, dan sebagainya yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam pikiran manusia. Sedangkan menurut pengertian berdasarkan Psikologi, mentalism merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana keadaan mental atau pikiran seseorang dapat mempengaruhi apa yang dia lakukan.

Richard Osterlind dan Banachek dalam DVD mereka secara gamblang memisahkan antara Mentalism yang berdasarkan fenomena pikiran dan yang menggunakan trik sulap, atau yang biasa mereka sebut Mental Magic. Lain halnya dengan Derren Brown dan Rich Ferguson. Mereka berdua pernah mengatakan bahwa Magic dan Mentalism itu pada dasarnya sama. Hanya saja, Mentalism adalah sulap/magic yang memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari sulap pada umumnya.

Jadi kesimpulan yang bisa diambil, mentalism ialah sebuah pertunjukan dimana kita menggunakan teknik-teknik psikologi, pengalih perhatian (misdirection) dan trik sulap untuk menciptakan suatu pertunjukan yang menampilkan fenomena-fenomena mental yang sangat luar biasa.

Lalu bagaimana dengan pernyataan yang mengatakan bahwa Mentalism itu beda dengan Sulap/Magic?? Menurut saya, meskipun kedua seni pertunjukan ini berbeda, namun kedua seni tersebut saling melengkapi. Sama halnya dengan card flourish (seni permainan kartu) dengan card magic, keduanya adalah seni yang berbeda namun saling berhubungan.

Inilah arti dari mentalism berdasarkan pendapat saya.
Bagaimana dengan anda? menurut anda apakah mentalism itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar disini..!!!!