Kamis, 07 Agustus 2014

#BedahMentalism – How to Make Unpredictible Prediction




Selamat datang di #BedahMentalism. #BedahMentalism adalah suatu rubrik yang saya buat khusus untuk membahas mengenai trik, tips, gimmick, teori, info, berita, dan sebagainya yang berkaitan dengan mentalism. Rubrik ini akan rutin muncul di Bisamagic dan di blog saya

Disclaimer: artikel ini pernah dimuat oleh blog wikumagic. Artikel ini kembali diterbitkan dengan memberikan sedikit perubahan

Jika kita membahas tentang mentalism maka yang muncul dipikiran kita pertama kali adalah prediksi. Dalam mentalism prediksi ialah suatu yang boleh saya katakan wajib. Prediksi juga memiliki beragam cara untuk mempersiapkannya, ada yang persiapannya sangat mudah dan ada juga persiapannya terbilang rumit.

Namun terkadang suatu prediksi tidak berhasil membuat sukarelawan maupun penonton terkejut. Disini saya akan memberikan beberapa tips yang saya ambil berdasarkan pengalaman saya saat bermain mentalism untuk anda agar prediksi anda terlihat mengejutkan.

Bubuhi tanda tangan sukarelawan diprediksi anda
Yang paling pertama adalah bubuhi tanda tangan sukarelawan di prediksi anda. Hal ini sangat penting karena dengan adanya tanda tangan sukarelawan di prediksi anda maka dapat memberi kesan bahwa hanya itulah satu-satunya prediksi anda tidak ada yang lain dan prediksi itu tidak dapat diganti-ganti lagi.
Selama ini saya sangat sering melakukan hal ini karena kesan yang nanti diberikan kepada penonton sangat mengejutkan, sampai-sampai biasa membuat sukarelawan berkata “bagaimana bisa?”

Prediksi yang salah
Maksudnya disini adalah prediksi yang kita buat ada dua, yang pertama adalah prediksi yang sengaja kita buat salah dan prediksi yang kedua adalah prediksi yang tepat.  Perlu diperhatikan bahwa jangan taruh kedua prediksi tersebut pada medium yang sama. Misalkan, prediksi pertama anda taruh di secarik kertas, maka prediksi kedua letakkan di tempat yang tidak terduga oleh sukarelwan seperti di kotak kartu atau di pulpen yang sukarelawan pakai pada saat menandatangani prediksi.
Mungkin awalnya anda akan diejek, namun disitulah letak inti penting yang dapat membuat sukarelawan terkejut. Ketika sang sukarelawan merasa bahwa dia telah “menang” karena anda telah gagal membuat prediksi, ternyata anda memiliki prediksi lain yang tidak disadari sebulumnya oleh sukarelawan atau penonton. Pengalaman saya saat mepraktekkan hal ini, sangat menakjubkan. Ini juga bisa digunakan untuk mengatasi hackler.

Berikan efek yang tidak masuk akal
Yang ini termasuk kedalam prediksi yang persiapannya terbilang rumit namun diantara semua prediksi inilah prediksi yang memiliki efek paling mengejutkan bagi sukarelawan. Contohnya seperti Stigmata. Stigmata adalah suatu efek dalam sulap dimana bagian tubuh anda muncul semacam tato secara tiba-tiba dan seakan-akan tato tersebut adalah akibat dari perbuatan makhluk halus. Tipe prediksi seperti ini sangat luar biasa efeknya, apalagi bila memang persona ataupun tema sulap anda memang agak seram.
Bentuk pengembangan dari Stigmata yang bisa anda coba dengan menggunakan teknik Tagged yang sering dipergakan oleh mentalist terkenal dari Ellusionist.com, Rich Ferguson yang videonya bisa anda lihat dibawah ini



Jadi intinya adalah buatlah prediksi anda sebaik mungkin sehingga dapat membuat sukarelawan anda terkejut ketika melihat prediksi anda. Tips-tips yang saya berikan diatas merupakan sebagian kecil dari banyak cara lagi, maka dari itu bereksperimenlah dan buatlah suatu cara membuat prediksi yang mengejutkan versi anda sendiri. 

Selamat berlatih dan selamat mecoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar disini..!!!!