Jumat, 07 September 2012

Tips Sederhana Mengatasi Overheating pada Laptop




Seringkali kita menemukan kondisi dimana laptop kita panas kemudian tiba-tiba hang.
Kondisi ini disebut Overheating atau panas berlebih pada laptop. Penyebab masalah ini banyak macamnya. Biasanya karena kerja CPU yang terlalu berat.

Kondisi seperti ini cukup memberikan masalah. Biasanya kondisi ini bisa membuat suatu data dalam laptop anda menjadi hilang dan kondisi paling buruknya adalah kerusakan pada laptop.
Untuk mencegah hal tersebut, berikut saya memberikan tips-tips sederhana kepada teman-teman sekalian tentang cara mengatasi hal ini

1.  Cek bagaimana anda menggunakan laptop baterai. Sering kita tidak begitu peduli pada kondisi baterai. Selalu mencharger baterai dan tidak pernah menggunakannya. Baterai sering menimbulkan panas apapun kondisinya. Jika anda tidak menggunakannya lebih baik melepasnya dari laptop. Ini akan mengurangi panas berlebih dari baterai ke laptop.

2.  Kurangi beban kerja CPU. Cara termudah dengan menggunakan window taks manager. Lewat Ctrl + Alt + Del anda bisa load taks manager, Cek CPU usage setiap program yang running di background. Disable program yang tidak perlu. Atau matikan semua start-up program yang tidak anda inginkan.

3.  Rubah kebiasaan menggunakan laptop. Pada laptop yang yang memiliki kipas pendingin di bagian bawah, anda harus menghindari menempatkan laptop di tempat tidur atau karpet atau tempat yang  mudah menutupi kipas pendingin sehingga menyebabkan laptop menjadi panas. Atau beli laptop stand, yang akan memberi ruang pada kipas pendingin untuk bekerja.

Itulah tiga tips sederhana dari saya. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Namun saya sarankan kepada teman-teman sekalian agar segera memeriksakan laptop anda ke Service Center laptop anda jika terjadi kondisi ini.

1 komentar:

  1. thanks share nya gan....mampir tempat saya juga ya
    http://teknisiku.com/

    BalasHapus

silahkan berkomentar disini..!!!!