Sabtu, 07 September 2013

Belajar membuat Website (HTML) #1



dari saya SMP kelas 3, saya memiliki ketertarikan akan dunia komputer. utamanya yang berhubungan dengan Web dan Pemrograman
tapi masalahnya adalah saya ini tipe orang yang kalau mau belajar berdasarkan mood. maka dari itu saya tidak mengambil pendidikan formal untuk belajar ilmu-ilmu komputer. begitu pun dengan kuliah, saya lebih memilih akuntansi ketimbang komputer.

nah, salah satu cara saya belajar membuat website dan program yaitu lewat membaca buku atau situs-situs internet. dan beberapa hari lalu saya menemukan sebuah situs yang menurut saya sangat cocok untuk belajar membuat website bagi pemula. anda bisa buka linknya disini

saya akan bahas singkat dulu soal website.
dalam membuat sebuah website, diperlukan beberapa keahlian yang harus dikuasai. salah satunya adalah dengan bahasa HTML.
HTML adalah kependekan dari Hyper Text Markup Language. HTML adalah sekumpulan bahasa atau kode-kode tertentu untuk membuat sebuah desain sederhana dari sebuah website. kode-kode ini merupakan perintah-perintah tertentu untuk menampilkan berbagai macam media seperti link, grafik dan sebagainya.

langsung saja pada praktek.
silahkan buka notepad anda lalu ketikkan script berikut

<html>
<head>
<title>Disini titel websiteku</title>
</head>
<body>
Disini adalah konten yang tampil di browser
</body>
</html>

nah, simpan file tersebut ke my documents dengan nama apa saja. contohnya "website1.htm". perlu diperhatikan, ketika menyimpan pastikan "save as type -" sudah diganti dengan "All Files".
masuklah ke my documents anda lalu double click file yang sudah anda buat tadi, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.



pada sebuah script HTML, selalu dimulai dengan menulis tag <html> lalu diakhiri dengan tag </html>
tag <head>...</head> merupakan script untuk membuat judul pada tab yang ada pada browser anda
sedangkan script dengan tag <body>...</body> merupakan isi atau konten dari website yang anda buat.

sekarang kita akan membuat sedikit variasi pada konten dari website anda. silahkan ketik script dibawah ini

<html>
<head>
<title>Selamat Datang di Websiteku</title>
</head>
<body>
Ini adalah halaman HTML pertamaku.
<p>Aku sedang membuat paragraf dan ini contohnya.</p>
<p>Ini contoh paragraf yang lainnya.</p>
<p>Ini juga paragraf mm...tapi de-<br>
ngan baris baru.<br>
Ini baris baru yang lain.</p>
</body>
</html>

lalu simpan dengan nama website2.htm
double click file yang telah anda buat maka akan terbuka seperti pada gambar berikut



tag <h1>...</h1> merupakan sebuah konten standar font judul.
sedangkan tag <p>...</p> merupakan script untuk membuat paragraf baru pada isi website anda
tag <br> digunakan untuk membuat baris baru pada paragraf. perlu diingat, tag <br> tidak perlu menggunakan tag penutup.

sampai disini dulu pelajaran HTML kita
kita akan lanjutkan lain waktu
wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar disini..!!!!